Langsung ke konten utama

Mengapa Membuat atau Bikin Blog - kuinfokita

Hai, pernah mendengar kata blog atau website? Tentu pernah! Sekarang ini blog sudah hampir tidak asing lagi ditelinga masyarakat sekarang. Sudah banyak blogger yg terkenal dan sukses meraih keuntungan dari tulisan di blog. Bahkan ada juga yg menjadikan blogger sebagai pekerjaan mereka. Selain karena mereka hobi menulis mereka juga memberikan informasi terbaru melalui tulisan di blogger tersebut.
Sumber gambar : blogger

Apa sih blog itu?

Dikutip dari wikipedia Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk dari aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yg dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.
Pernahkan kalian mendengar istilah blogspot? Istilah inilah yang dikenal dengan blog. Kita bisa menulis apapun yang diinginkan dan kita bisa memberi informasi, berbagi pengalaman dan sebagainya. Para penulisnya biasanya disebut sebagai blogger.
Dan apakah website itu?
Kurang lebihnya Website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang dibuat khusus untuk konten tertentu.Jadi blog adalah bagian dari website yg berisikan tulisan pengalaman pribadi penulis dan informasi, yang kita dapat memberikan komentar dengan penulis blog. Blog cenderung lebih sedangkan website cenderung fokus pada jenis konten website yg di buat.
sumber gambar : blog penulis.id

Alasan membuat blog

Blogging meningkatkan skill menulis kalian, bahkan blogger yang terkenal pun mungkin bukan diawali dari seorang penulis. Melalui blogging ini kita dapat meningkatkan kemampuan menulis. Semakin sering kita menulis sesuatu,maka akan semakin baik pula keahlian kita dalam menulis. Dikarenakan secara tidak langsung kita belajar kualitas tulisan pun akan semakin meningkat.
Membagikan cerita kita
Dengan blogging kita seakan memiliki media kita sendiri,kita bisa bebas berexpressi dengan cara kita sendiri. Membagikan cerita dengan cara kita sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain misalnya jurnalis. Kita bisa menulis apa yg perlu kita ceritakan dan mana yg mesti kita hapus, semua bisa kita jadikan cerminan diri kita melalui blog yang kita miliki.
Menghasilkan uang dari blog
Seiring berjalannya waktu, keaktifan dan kesabaran kita dalam membuat artikel tulisan yang kita buat. Kita bisa menghasilkan uang dari blog yang kita buat atau yang kita miliki. Di saat kondisi yang saat ini terjadi, memiliki penghasilan tambahan bisa sangat bermanfaat. Kita bekerja dan kita mendapatkan kan hasil,apalagi kita bekerja sesuai dengan hobi atau keinginan yang kita sukai. Penghasilan yg dihasilkan dari blogging tergantung dari jumlah iklan yang dilihat oleh pembaca. Jadi jika semakin besar atau semakin banyak blog kita dikunjungi oleh pembaca, akan mungkin bisa semakin besar pula kesempatan me monetisasi blog yang kita miliki.
Memilih nama atau judul blog
Bila kita memulai untuk ngeblog, untuk jangka waktu yang panjang atau mungkin untuk waktu yang sangat pendek. Pilihlah nama atau judul yang menunjukkan diri kita, tujuannya adalah untuk menjadikan ciri khas kita.
Judul harus sesuai dengan isi, dalam artian kita harus menyesuaikan apa yang kita tulis atau yang kita sampaikan kepada pembaca harus sesuai dengan topik judulnya.
Contoh: pengalaman makan soto ayam tapi topik yg kalian tulis dan yang kalian bahas adalah makan donat, he,he,he.
Tentu tidak akan nyambung Gees, he, he, he.
Ide blog yg bisa kita pilih
Sebelum memulai sebuah tentu kita akan memilih tema, konsep apa yang akan kita buat atau kita tulis pada blog kita nanti. Contoh antara lain dari tema atau blog adalah sebagai berikut:

• Blog tutorial

Kita bisa tulis berbagai macam tutorial, misalkan tutorial membuat blog. Tutorial memasak, tutorial memperbaiki sesuatu dan lain sebagainya.

• Blog food dan traveling

Mungkin bagi kalian yg suka mengunjungi tempat baru untuk berjalan-jalan liburan dan Kulineran atau makan-makan blog dengan tema ini cocok untuk kalian.

• Blog informasi

Buat kalian yang suka membahas berbagai hal spesifik maupun global tentang teknologi atau apapun itu.

• Blog review

Kita akan beli sesuatu dan kita pasti mencari informasi barang yang akan kita beli. Kamu bisa bikin blog review tentang suatu produk. Misalkan review produk handphone, laptop, aksesoris dan lainnya.

• Blog kesehatan

Untuk para tenaga medis yang berkecimpung di dunia kesehatan, bisa berbagi ilmu atau tips menjaga kesehatan.
Dan itulah sedikit dari semua tema atau konsep ide untuk membuat sebuah blog.
Platform blog Anda?
Banyak sekali platform yang bisa kita pilih untuk membuat sebuah blog. Namun dari sekian banyak platform terbaik, Blogger dan Wordpress yang paling direkomendasikan.
Alasan mengapa kedua platform itu direkomendasikan, adalah kedua platform ini dapat digunakan untuk semua jenis blog. Memiliki tingkat keamanan yang baik, mendukung fungsi tambahan bila diperlukan.
sumber gambar : blogger

Blogger

Blogger adalah platform yang dimiliki oleh Google. Tak heran jika banyak layanan dari Google mudah terkoneksi dengan blogger. Antara lain Google AdSense yang menjadi layanan iklan Google, dan Google Analytics untuk mengukur performa blog kalian.
Blogger adalah platform sederhana yang menurut saya mudah untuk digunakan, dan tentunya gratis. Jika anda punya akun Google, Maka anda akan bisa langsung daftar dengan mudah. Dengan sub domain blogspot.com
Sebagai nama blog anda. 

Wordpress

Dikutip dari Wikipedia adalah sebuah aplikasi Sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Wordpress saat ini menjadi platform Contents Management System (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The  New York Times, dan lainnya. 

Oke, sekarang kita tau mengapa kita perlu memulai untuk membuat sebuah blog, bagaimana cara memulai dan menghindari kesalahan bagi blogger pemula seperti saya ini. Nah selamat untuk mencoba memulai membuat blog. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial dan Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dan Komputer

Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dan Komputer  Setelah membahas tentang fitur update WhatsApp terbaru di tahun 2020  dan, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan WhatsApp web di laptop dan komputer pc. Seperti yang kita ketahui, jika WhatsApp atau yang kita sering sebut WA adalah media sosial yang penggunanya dapat berkomunikasi dengan pengguna WA lain. Entah itu saling berkirim pesan, baik pesan tulisan ataupun pesan lisan (peasan suara) dan juga bisa saling melakukan panggilan suara dan video call untuk berkomunikasi.  WhatsApp sebagian besar digunakan pada Smartphone, baik itu yang bersistem operasi Android dan iOS (iPhone). Selain itu WhatsApp juga memungkinkan kita menggunakan aplikasi tersebut untuk di Laptop atau komputer yang di sebut WhatsApp Web. Dengan WhatsApp Web kita bisa berkomunikasi layaknya kita menggunakan WhatsApp di smartphone kita. Penasaran apakah sama dengan WhatsApp di ponsel?  Bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web?  Berikut tutorial dan cara

OPPO A92 Seri A Tertinggi dan Stylish - KuinfoKita

Oppo A92  Ini adalah penerus dari Oppo seri A9 (2020) sebelumnya yang merupakan seri A tertinggi saat ini.  Desain OPPO A92 Dengan tampilan yang Modern dan Stylish, OPPO A92 menyasar para milenial pada saat ini. Dengan tiga pilihan warna yang disediakannya yaitu Twilight Black, Aurora Purple dan Shining White.  OPPO A92 mengadopsi desain 3D Quad-Curve   Layar 1080P Neo-Display Kamera OPPO A92 ultra Clear Night Mode Jaringan dan konektifitas Performa OPPO A92 Baterai dan penyimpanan OPPO A92 OPPO A92 Sumber gambar :  oppo.com Sumber gambar : Google Kamera OPPO A92 Pada OPPO A92 ini menggunakan konsep kamera depan yang masuk di dalam layar atau bisa di sebut Punch Hole sepertinya sudah menjadi tren smartphone di tahun 2020 ini.  Dengan kelengkungan yang di optimalkan, pada bodi belakangnya dan sisi samping yang membuat smartphone OPPO A92 lebih terasa pas dan nyaman saat berada di genggam.  Dengan sensor fingerprint yang berada di sisi samping sebelah kanan mungkin lebih nyaman jika meng

Vivo X50 Series Rilis Harga dan Spesifikasi - KuinfoKita

  X50 Series Profesional Photografi Resmi merilis smartphone terbaru  nya,  Vivo   meluncurkan dua varian dari keluarga X Series  Vivo X50  dan  Vivo X50 Pro  di indonesia. Yang kedua-duanya merupakan Smartphone Flagship dari  Vivo . Kedua Smartphone X Series ini memiliki desain body yang hampir sama dan terkesan elegan. Yang membawa inovasi dan teknologi yang belum pernah ada pada deretan series smartphone Vivo sebelumnya. Vivo menyebutkan fitur dan inovasi teknologi terbaru yang dihadirkan oleh Vivo X50 Series. Selain desain yang diunggulkan adalah, Teknologi Kamera Gimbal OIS yang diklaim lebih stabil di banding dari OIS konvensional yang telah banyak digunakan pada Smartphone Flagship pada umumnya.  sumber gambar : Vivo X50 Berikut spesifikasi Vivo X50 Vivo X50, memiliki desain yang berkesan Futuristik dengan perpaduan teknologi dan mode. Smarphone Vivo X50 dirancang dengan teknologi dan model yang Kekinian.  Dengan menggunakan Layar enis Amoled dengan lebar dimensi 6,56inch full H




About | Contact | Privacy Policy | Disclaimer